23

Feb

2018

Kuliner Khas Sleman Jogja yang Siap Memanjakan Lidah Anda  

Kuliner Khas Sleman Jogja - Sleman merupakan bagian utara kota Jogjakarta ini tidak jauh dari pusat kota. Sleman juga terkenal dengan wisata Gunung Merapi dan Kaliurang. Ada yang kurang jika berkunjung ke Sleman tapi belum menikmati kuliner khas daerah ini. Makanan khas daerah ini juga tak kalah jika dibandingkan dengan makanan lain yang ada di Jogja. Apa saja sih kira – kira? Ini dia beberapa makanan khas daerah Sleman Jogja yang siap memanjakan lidah anda:

  1. Sate Kelinci Kaliurang

Wisata bermain kaliurang memiliki makanan tersendiri yang khas yaitu sate kelinci kaliurang. Sesuai dengan namanya, sate ini terbuat dari sate kelinci yang kemudian diberi bumbu khas berupa kacang, kecap, dan perpaduan rempahnya. Tempat makan yang sangat terkenal yang menjual sate ini adalah Sate kelinci pak Raji yang harga per porsinya sangat terjangkau, yakni hanya sekitar Rp. 12000 – Rp. 15000 saja. Aroma daging dan bumbu yang khas dijamin bakal memanjakan lidah anda.

  1. Sate kuda

Sate kuda tidak jauh beda rasanya jika dibandingkan dengan sate sapi. Yakni aroma dagingnya yang gurih dan empuk menjadikan kuliner ini banyak diburu wisatawan. Banyak yang mempercayai bahwa sate ini mampu meningkatkan kejantanan pria. Lebih nikmat lagi jika anda menikmati makanan ini ditemani lalapan seperti tomat, bawang merah dan mentimun sebagai pelengkapnya. Jangan lewatkan makanan ini ketika anda sedang berada di Jogja khusunya daerah Sleman.

  1. Jejamuran

Wisata kuliner jejamuran ini berada dibagian utara Sleman Jogjakarta yang memiliki aneka masakan berupa jamur. Anda juga bisa menemukan masakan jamur yang berasal dari Jepang yaitu jamur portabelo. Wisata ini umumnya berbahan dasar jamur misalnya rendang jamur, sop jamur, pepes jamur, dan tentunya masih banyak lahi olahan yang berasal dari Jamur. Tempat ini sangatlah terkenal dan banyak dikunjungi artis ataupun pejabat pemerintah. Presiden Jokowi dan Presiden RI ke enam Bapak Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah mengunjungi wisata ini. Harganya pun juga sangat terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp. 8000 – Rp. 15000.

  1. Mang engking

Wisata ini menyediakan olahan berbahan dasar udang. Anda bisa menemukan udang galah dengan harga Rp. 50000 per porsinya. Namun jika terasa terlalu berat untuk dompet, anda bisa memesan setengah porsi ataupun seperempat porsi saja. Kini wisata ini juga membuka cabang di pusat kota. Rasa udangnya yang pas tentu saja akan memanjakan lidah anda. Jika anda pecinta masakan pedas, ada juga menu olahan udang dengan rasa pedas. Jika anda menyukai masakan manis, disini anda juga bisa menemukan masakan manis yang berbahan dasar udang yang siap memanjakan lidah anda.

Itu tadi beberapa kuliner khas Sleman Jogja yang siap memanjakan lidah anda. Jangan lupa menikmatinya ketika anda berkunjung ke Jogja. Terima kasih

Sumber : https://www.royco.co.id/

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply