28

Feb

2018

Kuliner Khas Lombok yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Lombok - Lombok, pulau ini mempunyai pesona alamnya yang indah seperti destinasi wisata pantainya yang sangat indah. Tak heran, jika banyak traveler memilih Lombok sebagai destinasi wisata yang layak untuk dipilih. Pesona alam lombok, juga mampu mendukung kuliner ciri khas pulau ini. Berkunjung ke pulau ini, belum lengkap rasana jika belum menikmati makanan khas daerah ini. Berikut akan kami sajikan kuliner khas Lombok yang wajib anda coba, diantaranya sebagai berikut :

  1. Pelecing kangkung

Makanan khas daerah ini seperti namanya, yakni berbahan dasar sayur kangkung. Apalagi jika kangkung yang tumbuh di Lombok memiliki ukuran yang besar dan rasanya yang unik. Cara pembuatan pelecing kangkung sendiri yaitu merebusnya hinga masak dan dicampur sambal tomat. Sambal tomatnya sendiri terbuat dari berbagai rempah seperti (terasi khas lombok, tomat, cabai rawit, garam, bumbu penyedap lainnya, dan jeruk purut). Pelecing ini lebih enak jika disantap ditemani nasi putih yang hangat.

  1. Kelaq batih

Kuliner ini mulai sulit ditemukan di Lombok. Bahan utamanya terdiri dari biji buncis tua dan daun singkong muda. Rasa bumbu yang kaya akan rempah menjadikan makanan ini khas dan harus anda coba menikmatinya. Cara pembuatannya cukup sederhana, yaitu dengan merebus biji buncis dan menumisya dengan aneka bumbu rempah pilihan. Setelah itu memasukkan daun singkon yang sudah di iris, mudah bukan?.

  1. Sate bulayak

Bulayak memiliki bentuk seperti ketupat yang memanjang. Tapi pembungkus bulayak ini tidak menggunakan daun pisang, melainkan dibungkus menggunakan daun aren. Bumbu dari sate ini hampir mirip seperti sate pada umumnya, namu ciri khasnya yaitu bumbunya dimasak menggunakan kemiri dan santan kentan. Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner ini diJalan Udayana khususnya Kota Mataram Lombok.

  1. Nasi puyung

Nasi puyung ini bisa dibilang nasi campurnya lombok. Nasi ini memiliki rasa pedas dengan level yang tinggi. Nasi puyung terdiri dari nasi itu sendiri, sambal daging, biji kedelai yang sudah digoreng, kentang goreng kremes, dan sambalnya yang lezat. Rasa pedas dari nasi ini memiliki bumbu khas suku sasak yang pedas. Seperti namanya, nasi puyung ini bisa dinikmati di Desa Puyung kawasan Lombok Tengah.

  1. Nasi Sukaraja

Nasi ini hampir sama seperti nasi puyung, yaitu bisa ditemukan di desa Sukaraja Kota Mataram. Nasi ini berupa nasi campur, dan yang paling unik yaitu sayurannya yang dimasak menggunakan bumbu khas yang diberi santan kental. Cara pembuatannya yang tradisional yang menggunakan tungku berasal dari tanah dan dimasak menggunakan kayu bakar membuat rasa dan aromanya yang khas membuat kuliner ini banyak diminati banyak wisatawan. Dan anda wajib untuk menikmatinya.

Demikian informasi yang bisa penulis bagikan, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.royco.co.id/

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply