26

Feb

2018

Kuliner Khas Betawi ini Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Betawi - Siapa sih yag gak kenal dengan kuliner khas betawi yang sangat terkenal? Makanan khas daerah ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang lainnya. Oleh karena itu, sayang sekali jiika anda berkunjung ke Jakarta, tapi belum menikmati makanan andalah kota ini. Meskipun makanan Betawi terbilang sangat tradisional, namun rasanya yang khas mampu membuat makanan ini bertahan hingga sampai sekarang meskipun mulai digeser dengan modernisasi. Ini dia kuliner lezat khas Betawi yang wajib anda coba :

  1. Kerak telor

Bentuk kerak telor bisa dikatakan mirip martabak. Gulungan telor yang dimasak diatas tungku tradisional ini berisikan ketan, abon dan ubi. Rasanya yang khas dan gurih menjadikan makanan ini banyak digemari berbagai kalangan, mulai dari anak – anak bahkan hingga orang tua.

  1. Semur jengkol

Siapa sih yang tak kenal dengan jengkol? Meskipun banyak yang pernah mendengar semur ini, nyatanya banyak juga yang belum mencicipi makanan khas betawi ini makan ini berbahan dasar dari buah yang memiliki bauh menyengat yaitu buah jengkol.. Buah jengkol di masak dengan bumbu khas Betawi. Jangan khawatir dengan rasa dan baunya, pengolahan yang tepat, menjadikan kuliner semur jengkol ini tidak memiliki bau jengkol dan memiliki cita rasa yang khas. Tak heran, banyak turis yang menyukai masakan ini.

  1. Asinan betawi

Makanan ini berisi campuran sayuran khas betawi yang kemudian diberi campuran bahan seperti kacang goreng, kerupuk, bumbu kacang yang khas aroma betawi. Makanan ini menjadi makanan yang khas dan banyak diminati oleh wisatawan.

  1. Soto betawi

Meskipun di Indonesia memiliki aneka ragam soto sesuai dengan daerahnya masing – masing, tetap saja soto betawi ini dianggap sebagai soto yang paling lezat di Indonesia. Soto betawi ini memiliki rasa yang gurih dikarenaka ada penambahan santan pada kuahnya. Soto betawi menggunakan bahan utama berupa daging sapi yang telah dimasak selama beberapa jam, sehingga memiliki daging yang sangat empuk dan bumbunya yang meresap. Makanan andalan Betawi ini tidak mudah hilang meskipun dunia makanan selalu berkembang.

  1. Nasi ulam

Pembuatan nasi ini berasal dari nasi pera yang kemudian disiram dengan olahan semur. Lauknya pun beragam seperti cumi goreng, telur dadar dan sebagainya yang menjadikan kuliner ini banyak diburu wisatawan.

Itu dati beberapa diantara kuliner lezat kha Betawi yang wajib anda coba. Jangan sampai anda lupa menikmati beberapa kuliner diatas ketika anda sedang berada di Jakarta. Rasa masakan khas betawi yang khas dan cocok bagi semua lidah menjadikan makanan ini banyak digemari wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal saja, wisatwan mancanegara pun juga sangat menyukai makanan tersebut. Demikian yang bisa penulis bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : https://www.royco.co.id/

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply