19

Jan

2018

Cara Menggendong Bayi Sesuai Tumbuh Kembangnya

Menggendong bayi kadang kala memang menjadi sebuah kegiatan yang membuat khawatir untuk sebagian orang. Terlebih untuk ibu yang baru memiliki anak, terkadang rasa takut itu menyelimuti diri ibu. Hal ini memang karena menggendong bayi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Kita tahu bahwa tulang si kecil masih dalam proses pertumbuhan dan belum kuat sehingga pastinya perawatan terbaik perlu dilakukan termasu menggendongnya dengan sangat hati-hati. Nah, ternyata cara menggendong bayi dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya juga. Dengan teknik menggendong yang benar, tumbuh kembang bayi dapat terbantu berlangsung lebih optimal. Menurut seorang profesor dari Fakultas Psikologi Universitas Notre Dame - Amerika Serikat menyebutkan bahwa kegiatan menggendong adalah salah satu cara untuk mendukung potensi perkembangan otak dengan lebih baik. Dengan begitu juga, teknik menggendong si kecil dengan tepat akan membantunya untuk lebih cerdas dalam jangka kedepan.

Panduan Cara Menggendong Bayi Sesuai Tumbuh Kembangnya

Kecerdasaan serta kemampuan bayi akan berkembang dengan cara menggendongnya yang benar, terlebih juga dalam kemampuan si kecil untuk menerima serta memberikan kasih sayang juga kebahagiaan. Jalinan komunikasi kedekatan antara ibu dan anak pun dapat terjadi pastinya. Secara emosional, bayi akan merasa aman, percaya diri juga dan akan tumbuh dalam dirinya rasa ingin tahu serta otonomi pada memori otaknya. Ibu maupun ayah pastinya ingin si kecil bertumbuh kembang dengan optimal bukan ? Nah, dalam mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, ada berbagai langkah yang dapat dilakukan dan salah satunya cara menggendong bayi dengan tepat inilah yang bakal membantu. Lalu, seperti apa langkah menggendong bayi dengan tepat sesuai umurnya ? Berikut ini lebih lengkapnya :

  1. Umur 0-3 bulan. Pada usia ini, cara paling aman untuk menggendong si kecil adalah dengan membaringkannya di lengan. Pastikan betul bahwa anda menopang leher, kepala, punggung serta pantat si kecil dengan kuat dan lembut.
  2. Usia 4 bulan. Anda bisa menggendong bayi yang sudah berusia 4 bulan dalam posisi duduk dengan posisi kepala bayi bersandar di dada anda dan bayi menghadap kedepan.
  3. Usia 5 bulan. Umumnya pada usia ini bayi sudah dapat menopang kepalanya. Pastikan terlebih dahulu, jika memang bayi sudah bisa menopang kepalanya, anda bisa mempraktekkan cara menggendong si kecil di pinggang anda dengan menopang punggung ataupun pantat si kecil. Tapi kalau bayi belum bisa menopang kepalanya, jangan dicoba dahulu teknik menggendong ini.

Itulah setidaknya beberapa cara yang tepat untuk menggendong bayi agar dapat mendukung optimalnya tumbuh kembang bayi. Ibu juga jangan melupakan untuk selalu membuat si kecil hangat  seperti selalu mengusapkan Zwitsal Minyak Telon ke tubuh bayi.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply