27

Jul

2017

Monemun Nasional Jakarta Yang Sangat Layak Menjadi Lokasi Wisata Keluarga

v

Monemun Nasional Jakarta Yang Sangat Layak Menjadi Lokasi Wisata Keluarga

Monumen Nasional atau yang biasa dikenal dengan Monas adalah tugu peringatan yang berada di Jakarta, tugu ini digunakan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Tugu ini memiliki tinggi 132 meter dan berada di tengah-tengah taman yang luas. Tempat ini mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 saat masa pemerintahan Ir. Soekarno yaitu presiden pertama Republik Indonesia, dan wisata ini resmi dibuka pada tanggal 12 Juni 1975.

  • Sejarah Monumen Nasional

Ibu Kota Republik Indonesia dulunya pernah berada di Yogyakarta pada masa penjajahan Belanda, kemudian pada tahun 1949 saat pemerintah Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia, ibukota kembali berpindah ke Jakarta. Setelah kejadian tersebut Presiden Soekarno berencana membangun tugu monumen nasional untuk mengenang dan melestarikan perjuangan rakyat Indonesia, Presiden Soekarno berharap dengan tugu ini membuat generasi penerus bangsa bisa bangkit dan berkembang seperti layaknya api yang berkobar.

Pada tanggal 17 Agustus 1954 mulai dibentuknya komite untuk merencanakan pembangunan monumen ini, dan pembangunan Monumen Nasional mulai dikerjakan pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan diarsiteki Friedrich Silaban dan R.M Soedarsono. Pembangunan monumen ini terdiri dari tiga tahap, pada tahap pertama pembangunan pondasi Monas menggunakan kurang lebih 284 pasak beton, dan pondasi museum menggunakan 360 pasak bumi. Kemudian pada tahun 1966 hingga 1968 pembangunan tahap kedua mulai dikerjakan, memang dalam pembangunan Monas terjadi banyak kendala sehingga pembukaan museum tertunda. Kemudian Monumen Nasional mulai diresmikan pada tanggal 12 Juli 1975 oleh Presiden Soeharto.

  • Hal yang bisa dilakukan di Monumen Nasional

Pengunjung biasanya menyusuri taman yang ada di Monas dengan berjalan kaki atau bersepeda untuk menikmati lokasi wisata ini. Di Monas juga terdapat lift untuk naik ke atas puncak Monas, disana kamu bisa melihat keindahan pemandangan Ibu Kota Jakarta, pengelola juga menyediakan teropong yang digunakan untuk melihat keindahan Jakarta lebih jauh lagi. Puncak Monas di desain seperti api yang terbuat dari lembaran emas untuk melambangkan semangat bangsa Indonesia yang menyala-nyala.

Di Monas kamu bisa juga bisa menemukan relief-relief yang menceritakan berbagai perjuangan rakyat Indonesia pada jaman dahulu, seperti sejarah kejayaan Majapahit dan Singosari, masa penjajahan Belanda, Jepang, Proklamasi kemerdekaan Indonesia, hingga masa Indonesia di Era Modern. Tempat ini juga menyediakan ruang kemerdekaan dan museum yang menyimapan berkas-berkas sejarah Indonesia, seperti Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia asli, lambing negara, Bendera Merah Putih, Lambang Negara Indonesia, dan peta kepulauan Republik Indonesia yang berlapis emas.

Itulah informasi yang bisa dihimpun tentang wisata monumen nasional. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi kamu yang ingin berkunjung ke Jakarta tetapi belum tahu lokasi liburan yang ada di Jakarta.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply