21

Nov

2016

Budaya Indonesia Oh Indonesian Culture!

Indonesia adalah negara dengan berbagai macam budaya yang dapat diperkenalkan kepenjuru dunia karena budaya Indonesia memiliki keunikan atau ciri khas yang tidak dimiliki negara lain. Indonesia bukan hanya keindahan alam yang dimiliki tetapi juga budaya serta adat istiadat yang membuat mata dunia tertuju kepada negara tercinta ini.

Setiap tahunnya, banyak sekali wisatawan dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia untuk melihat secara langsung budaya Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Selain itu juga para wisatawan luar negeri mengapresiasi kebudayaan dan adat istiadat negara ini karena menurut mereka Indonesia memiliki nilai seni yang tiada duanya. Berikut ini adalah beberapa budaya Indonesia yang sampai saat ini masih menjadi primadona baik di dalam atau di luar negeri.

Batik

Batik adalah salah satu wujud budaya Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Bahkan pada tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu, UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dan kemanusian. Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai hari Batik nasional.

Wayang

Wayang juga adalah salah satu budaya Indonesia yang sangat mendunia. Kesenian ini pada awalnya muncul di pulau Bali dan juga Jawa dan wayang telah menjadi perbincangan orang banyak sejak ratusan tahun yang lalu. Pada asal mulanya, wayang digunakan sebagai sarana para wali atau kyai untuk menyebarkan agama islam di Pulau Jawa.

Reog

Reog adalah kesenian yang berasalah dari kota Ponorogo, Jawa Timur yang merupakan kesenian tradisional rakyat Ponorogo yang sudah kesohor ke segala penjuru dunia. Kesenian ini memiliki keunikan sendiri dengan karakter yang memiliki muka harimau tetapi berbulu merak yang tentunya sangat menawan.

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini menghasilkan alunan nada yang indah saat dimainkan secara bersamaan. Selain itu juga alat musik ini juga banyak yang menyukai baik dari dalam negeri hingga luar negeri. Selain menghasilkan nada atau suara yang indah, angklung juga sangat mudah untuk dimainkan.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply