5

Aug

2014

Taman Aquarium Air Tawar

Jakarta merupakan tempat yang mengasyikkan bagi banyak orang. Jakarta ibarat gula yang selalu dikerubungi semut karena memang rasanya yang manis. Banyak orang yang rela datang ke ibukota karena memang sebagai ibukota negara, kota ini memberikan pengharapan yang besar khususnya dalam hal ekonomi. Soal pariwisatanya sendiri, Jakarta hampir memiliki segalanya dari mulai wisata belanja, wisata petualangan dan lainnya. Dan bagi Anda yang sangat menyukai wisata air, atau lebih spesifiknya wisata melihat ikan-ikan maka harus berkunjung ke Taman Aquarium Air Tawar yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ada banyak kejutan yang akan diberikan oleh taman wisata ikan ini kepada setiap pengunjungnya. Taman ini sendiri berada di dekat sebuah danau buatan dan juga berada disebelah Museum Serangga dan Taman Kupu. Taman wisata air ini sangat tepat untuk Anda kunjungi bersama keluarga (terutama dengan membawa serta anak-anak). Mereka dijamin akan antusias dengan ikan-ikan air tawar yang bergerak lincah kesana-kemari. Cukup dengan hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 15.000 saja (harga tiketnya sama dengan tiket untuk masuk ke Museum Serangga dan Taman Kupu) maka Anda dan keluarga sudah bisa masuk ke taman wisata air ini. Harga yang sangat wajar dan sesuai dengan segala keunikan yang ada didalamnya.

Ketika berkunjung ke dalam taman air tawar ini mungkin Anda akan merasa kaget karena melebihi ekspektasi sebelumnya. Maksudnya, jumlah dan spesies ikan yang ada disini sangat beragam dan berukuran besar tak ubahnya sedang berada di tengah lautan. Untuk koleksi ikan-ikannya sendiri berbeda dengan aneka koleksi yang dijumpai di Seaworld Ancol Jakarta terutama dalam hal ukurannya. Gedungnya sendiri terdiri dari dua lantai yang mana didalamnya dilakukan penataan yang sangat apik dan menarik. Ketika Anda memasuki kedalamnya maka akan langsung disambut dengan sejumlah ikan raksasa seperti salamander, pari air tawar, labi-labi albino, lobster air tawar, belut listrik dan yang lainnya.

Anda perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya ketika melihat sejumlah ikan besar bahkan berukuran lebih besar dari tubuh manusia berlalu-lalang diatas kita seolah-olah menyambut kedatangan setiap pengunjung. Berbagai koleksi yang ada disini tak hanya berasal dari berbagai kawasan di Indonesia namun juga ada beberapa yang didatangkan langsung dari Amerika Selatan. Bagi Anda yang menggemari ikan predator Piranha, maka bisa dijumpai disini yang merupakan hasil memindahkan dari Seaworld Indonesia. Ikan ini diawasi sangat ketat oleh otoritas terkait dan tidak diperjualbelikan. Piranha juga dilarang untuk dipelihara secara bebas atau bahkan sampai lepas ke perairan Indonesia karena sangat berkemungkinan akan menjadi predator buas bagi spesies-spesies yang ada di sini.

Untuk makanannya sendiri terdiri dari beraneka ragam karena masing-masing ikan memiliki keinginan “kulinernya” sendiri. Diantaranya ada yang makan cacing-cacingan, potongan daging ayam dan lainnya. Akan lebih mantap lagi kalau Anda datang ke tempat ini berbarengan dengan waktu memberikan makanan kepada ikan-ikan tersebut sehingga bisa melihat mereka bersantap dengan buas dan lahapnya. Ikan-ikan besar biasanya yang paling banyak makannya sehingga Anda bisa menyaksikan mereka bisa bersantap dengan lahapnya. Hal yang biasanya selalu dilakukan oleh para pengunjung yang datang kesini ialah memfoto ikan-ikan yang berada dibalik akuarium raksasa itu. Namun demikian, tak mudah untuk bisa mengabadikan tingkah lucu dan menggemaskan ikan-ikan tersebut disebabkan selain ruangannya yang gelap juga ada beberapa ikan yang seolah tak mau diambil gambarnya.

Hal itu bisa terlihat dari berbagai pola/prilaku yang ditunjukkan oleh mereka. Ada diantara ikan-ikan tersebut yang tak senang ketika difoto kemudian membentur-benturkan tubuhnya ke kaca akuarium. Taman air tawar yang memiliki total ikan sebanyak 7.000-an ekor ini selain sebagai sarana rekreasi juga biasanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan penelitian mahasiswa tingkat akhir yang mengambil spesialisasi di bidang perikanan dan pertanian. Taman ini memiliki kelebihan dalam menjadi pangakalan data yang komprehensif untuk menjadi parameter biologi yang lengkap, memahami lingkungan jenis-jenis ikan, biota air tawar dan ekosistem akuatik. Makanya cukup besar manfaat yang dimiliki oleh akurium raksasa ini.

Teater 4 dimensi

Theater 4D TMII

Theater 4D TMII

Menonton film seru didalam akuarium raksasa ini, memang bisa? Ternyata didalam Taman Aquarium Air Tawar ini ada Theater 4 Dimensi yang menampilkan beragam film seru dan menegangkan. Biayanya hanya Rp 15.000 untuk sekali nonton. Ruangan teaternya sendiri terlihat sangat bersih dan rapi. Dan yang membedakan teater ini dengan bioskop pada umumnya ialah disini setiap penontonnya akan diberikan kacamata 4 dimensi yang berukuran cukup besar bahkan bisa menutupi muka Anda. Untuk Anda yang penasaran ingin berkunjung ke Taman Aquarium Air Tawar ini maka bisa langsung datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur 13560. Telp: 021-8409472. Pokoknya ada banyak hal yang bisa diperoleh dengan Anda mengunjungi Taman Aquarium Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini saat liburan di Jakarta.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply