20

Jun

2014

Pulau Wisata Di Pulau Seribu

Perlu diketahui bahwa kepulauan seribu atau biasa yang disebut pulau seribu merupakan gugusan kepulauan yang memiliki jumlah sekitar 110 pulau yang terdiri dari pulau besar maupun pulau kecil. Sebenarnya kepulauan seribu hanyalah salah satu nama kabupaten. Yang uniknya di kabupaten ini terdapat pulau-pulau kecil yang memancarkan pesona alam nan indah dan menjadikannya tempat wisata yang dapat dinikmati oleh orang Indonesia maupun para wisatawan dari mancanegara. Masing-masing pulau kecil di kepulauan seribu memiliki sejarah dan keunikan yang berbeda-beda.

Namun dari beberapa pulau wisata di pulau seribu yang nanti diuraikan sepertinya anda harus coba kunjungi dan merasakan sendiri sensasi dan eksotisnya dari pulau tersebut. Anda akan menemukan pemandangan alam dan surga bawah laut yang indah dan berkesan. Selain itu ada beberapa kegiatan wisata yang tidak bisa anda tolak diantaranya snorkeling, diving, banana boat dan masih banyak lagi. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ada beberapa pulau kecil yang dijadikan sebagai tempat wisata di pulau seribu. Berikut ini adalah beberapa pulau wisata di pulau seribu yang mempesona dan wajib diketahui.

Pulau Ayer

Pulau Ayer (Ayer Island) adalah salah satu pulau di pulau seribu yang memiliki sumber air tawar. Type Cottage yang ditawarkan ada 2 yaitu yang di darat dan di atas laut (floating cottage). Kebanyakan para wisatawan lebih memilih floating cottage daripada yang di darat. Pulau ayer dapat dikelilingi dengan cara berjalan kaki atau naik sepeda. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup menggiurkan mulai dari dermaga pancing, kolam renang, arena bermain anak, karaoke room, water sport (jetsky, banana boat, canoe), mini market, fun bike, volley pantai, basket, ruang meeting dan restoran. Berikut fasilitas dan paket ke pulau ayer selengkapnya.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari (Bidadari Island) sangat cocok bagi para wisatawan bahari yang suka menjelajahi pulau seribu. Selain menawarkan pesona alam yang indah, pulau ini juga terdapat bangunan dengan dekorasi yang etnik karena banyak sekali peninggalan bersejarahnya. Peninggalan sejarah dan budaya di pulau ini diantaranya terdapat prasasti dan benteng Martello VOC (Belanda). Sedangkan untuk cottage dibangun diantara pepohonan yang menghadap ke laut dan memberikan nuansa romantis. Untuk ke pulau bidadari dibutuhkan waktu hanya 30 menit dari Marina Ancol dermaga 17 dengan menggunakan speedboat.

Pulau Pantara

Pulau Pantara

Pulau Pantara

Pulau Pantara terkenal dengan airnya yang bening dan terumbu karang yang indah. Sangat cocok bagi yang memiliki hobi snorkeling dan diving. Di pulau ini juga ada olahraga yang sangat menarik yaitu scuba diving. Pulau Pantara sekarang hanya menjadi satu pulau saja yaitu Pantara Timur dengan jumlah cottage, 40 cottage. Fasilitas yang dapat dilakukan di pulau ini diantaranya diving, snorkeling, banana boat dan lainnya. Sedangkan untuk resortnya menyediakan cottages, pool, bar, meeting room, dan hiburan lainnya.

Pulau Alam Kotok

Pulau Alam Kotok (Kotok Island) menawarkan lingkungan tropis yang alami. Pohon-pohon bakau yang tertanam di dalam pasir putih yang terhampar adalah cirinya. Biawak jinak juga menjadi salah satu ciri dari pulau alam kotok. Ketika kita menginjakkan kaki di pulau ini, maka kita akan disambut dengan welcome drink jus kelapa. Pulau ini sangat cocok bagi pasangan muda yang ingin nuansa romantis dan sepi. Waktu tempuh untuk ke pulau alam kotok jika menggunakan speed boat adalah ± 90 menit dari Marina Ancol.

Pulau Putri

Salah satu pulau di pulau seribu yang memiliki undersea aquarium adalah Pulau Putri (Putri Island). Pulau putri merupakan salah satu pulau yang disukai oleh para pengunjung karena fasilitasnya cukup memuaskan untuk berlibur. Fasilitas tersebut meliputi kolam renang, lapangan tenis, aktivitas air (water bee, kano, banana boat), dan anda juga bisa menyelam dengan menyewa peralatannya di dive shop yang tersedia, live music disaat weekend, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk bisa ke pulau putri perjalanannya kurang lebih 90 menit dari marina ancol dengan menggunakan speed boat.

Pulau Sepa

Pulau Sepa (Sepa Island) mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang membuat para pengunjung terpesona. Pulau sepa juga salah satu tempat favorit para diver karena memang diving dan snorkeling adalah aktivitas utama. Selain itu aktivitas memancing juga sangat mengasyikkan di pulau ini. Bagi wisatawan yang ingin menikmati nuansa tropis yang sangat alami dan menyegarkan, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pulau Sepa di pulau seribu ini hanya 90 menit perjalanan dari dermaga Marina Jaya Ancol dengan speed boat.

Pulau Pelangi

Sebutan lain dari Pulau Pelangi (Pelangi Island) ini adalah Petondan Barat. Pulau pelangi termasuk pulau kecil yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk para wisatawan. Pulau pelangi juga ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang dan lebat. Perjalanan ke pulau pelangi menempuh jarak 70 km dan dapat ditempuh 1,5 jam menggunakan speed boat dari Marina Ancol. Sesuai namanya, kita akan menemukan warna-warni pelangi ketika kita baru menginjakkan kaki di pulau ini. Tumbuhan di pulau ini kebanyakan pohon pinus dan pohon palem. Sedangkan fasilitas di pulau ini meliputi penginapan, memancing, lapangan tenis, toko, diving, snorkeling, klinik kesehatan dan lain sebagainya yang menunjang wisata anda.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka (Pramuka Island) memiliki laut yang biru dan berdekatan dengan taman laut yang memiliki panorama yang menarik. Bagi wisatawan yang gemar menyelam dan snorkeling, pulau pramuka adalah tempat singgah yang ideal. Waktu tempuh ke pulau ini hanya 1 jam dari Marina Ancol dengan menggunakan kapal speed boat. Pulau pramuka juga sebagai pusat pemerintahan di kepulauan seribu dengan adanya fasilitas seperti gedung pemerintahan, sekolah, masjid dan penginapan. Penginapannya pun bisa dibilang cukup murah bagi siapapun yang ingin berkunjung ke pulau ini.

Pulau Tidung

Salah satu pulau yang terbesar di pulau seribu adalah Pulau Tidung (Tidung Island). Pulau ini memiliki keunikan tersendiri karena mempunyai jembatan yang indah dengan julukan jembatan cinta. Dengan panorama bahari yang asri dan ekosistem yang masih terjaga keindahannya menjadikan tidung sebagai tempat wisata alternatif dengan harga terjangkau. Aktivitas yang dapat dilakukan di pulau tidung diantaranya snorkeling, diving, sepeda santai, memancing, fotografi dan berkemah untuk liburan di Jakarta.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply