5

May

2014

Museum Polri

Salah satu Museum yang baru di Jakarta adalah Museum Polri. Terletak di Jl. Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Usia Museum Polri memang masih tergolong muda diantara museum-museum yang ada di Jakarta. Namun museum ini sarat dengan informasi sejarah Polri mulai dari masa pra kolonial hingga saat ini. Ide pembangunan Museum Polri dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dengan tujuan melestarikan nilai-nilai kesejarahan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan pewarisannya kepada generasi mendatang.

Polisi Indonesia adalah polisi pejuang sejak dicetuskannya Proklamasi Kemerdekaan RI. Deklarasi Polisi Istimewa di Surabaya tak lama setelah proklamasi kemerdekaan dilanjutkan dengan konsolidasi organisasi kepolisian yang bersifat nasional pada 1 Juli 1946 oleh Kepala Kepolisian Negara Jenderal Polisi R.S. Soekanto menjadi dasar keunikan sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia dibanding institusi kepolisian negara-negara lain. Peresmian Museum Polri dilakukan oleh Presiden SBY pada 1 Juli 2009, bertepatan dengan HUT Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan hari Bhayangkara. Lokasi museum berdampingan dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

polri

Dengan biaya masuknya yang gratis, museum yang di depannya terlihat patung Jenderal Polisi RS Soekanto Tjokrodiatmodjo ini, Anda akan akan disuguhkan oleh ribuan foto-foto dan berbagai benda bersejarah perjalanan Polri sejak perang kemerdekaan Polri dari zaman kemerdekaan, masuk ke dalam Angkatan Bersenjata Republik Indonesia hingga terpisah dari ABRI. Semua itu disajikan secara apik dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia interaktif. Di Museum Anda juga bisa melihat koleksi senjata seperti Senapan Garand MI. Senjata ini merupakan senjata buatan Amerika dengan caliber 30.06 mm. Panjang larasnya mencapai 26 inchi dan memiliki jarak tempak 400-500 meter dengan kecepatan pelurunya mencapai 760 meter predetik. Senjata ini direbut dari penjajahan Belanda ketika republik ini pertama kali terbentuk. Senapan Karabin Lee Enfield, yaitu senapan ini dibuat oleh Inggris pada tahun 1917 yang memiliki caliber 303 mm.

Jarak tembaknya 400-500 m/ detik. Ada juga Senapan Mauser buatan Jerman pada tahun 1920-an. Kalibernya 7.62 x 57 dengan kapasitas amunisi mencapai 7 butir dan panjang larasnya 26 inchi. Selain itu, Anda pun dapat melihat senapan bren MK-II, roket SPG 82 dan HMG/SG 43. Museum ini tak hanya menyimpan koleksi senapan saja, melainkan juga perlengkapan Polri seperti motor patroli, koper identifikasi sidik jari, alat pendeteksi kebohongan, kamera single Yashica 635 yang digunakan untuk pemotretan TKP, Kamera Polaroid 195 Land Camera, dan lain-lainnya. Nah, bagi Anda yang membawa serta anak, ajaklah ke ruangan khusus untuk anak-anak di lantai dua.

Di ruangan ini, anak-anak diberikan informasi tentang fungsi dan tugas seorang polisi di dalam masyarakat dengan cara yang mengasyikkan. Tak hanya itu jika anak Anda ingin menjadi detektif, museum ini akan memberikan kesempatan bagi anak Anda untuk menjadi detektif dalam sehari dengan melacak pencuri menggunakan hewan peliharaan, mengamati jejak dan petunjuk, dan berpikir ala petugas reserse. Ditambah lagi Anak-anak diberi kesempatan berfoto dengan mengenakan seragam polisi. Museum ini merupakan salah satu objek wisata untuk liburan di Jakarta.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply