15

Apr

2014

Pulau Semak Daun

Menyepi di sebuah pulau tak berpenghuni dengan hamparan pasir putih yang menggoda sungguh bisa menjadi obat yang tepat untuk melepas kepenatan setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Aroma udara laut dan ombak yang tenang menjadi sebuah kolaborasi yang sempurna untuk teman setia menikmati suasana pulau.  Pulau Semak Daun adalah salah satu pulau tak berpenghuni di Kepulauan Seribu. Pulau ini menawarkan berbagai kenyamanan untuk para pecinta wisata pantai yang ingin menenangkan diri.  Hamparan pasir yang lembut dan putih bersih menjadi mahkota yang berharga di Pulau Semak Daun. Banyaknya pohon semak daun yang tumbuh di pulau ini membuat pulau ini diberi nama Pulau Semak Daun.

Dari namanya mungkin terdengar asing akan tempat indah ini. Sebuah nama memang tak luput dari kondisi ataupun keadaan di sebuah tempat. Pulau Semak Daun terletak di Kepulauan Seribu, sebelah utara Kota Jakarta dan termasuk ke dalam Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Sesuai dengan namanya, pulau ini hanya berupa semak-semak dan pepohonan. Namun pulau ini memiliki pantai yang landai, bersih dan berpasir halus. Sunrise pada pagi haripun dapat kita jumpai saat mata terbuka dari mimpi. Tapi jangan harap menemukan penginapan dan fasilitas yang memadai di pulau tak berpenghuni ini. Hanya tersedia fasilitas alami yang Tuhan ciptakan untuk kita nikmati. Camping merupakan satu-satunya cara bagi yang ingin bermalam di sini.

pulau semak

Namun bagi yang hanya ingin sekedar menikmati pulau ini tanpa bermalam, kita bisa menginap di Pulau Pramuka yang letaknya tidak jauh dari pulau Semak Daun. Di sana Anda akan ditemani laut dan ombak yang tenang, serta menikmati suasana pulaunya. Sesuai dengan namanya, pulau ini hanya berupa semak-semak dan pepohonan. Namun, memiliki pantai yang landai, bersih, berpasir halus dan bebas bulu babi, sehingga nyaman untuk berenang, menyelam dan snorkeling.  Di pulau seluas lima hektar ini Anda juga dapat menyaksikan matahari terbit saat membuka mata dari mimpi dan matahari terbenam yang indah. Pengunjung juga dapat memanjakan kaki dengan berjalan mengelilingi pulau tanpa menggunakan alas kaki.

Air laut yang tenang seakan menggoda Anda untuk menyeburkan diri ke dalam air laut yang segar dan memberikan efek rileks. Anda pun akan semangat lagi untuk melakukan segala rutinitas nantinya. Tapi, pulau ini minim fasilitas dan termasuk pulau yang tak berpenghuni. Penginapan dan air tawar tidak akan ditemui di pulau ini, hanya ada fasilitas alami yang dapat dinikmati. Jadi, berkemah adalah satu-satunya cara untuk bermalam di pulau ini. Namun, jika Anda tidak ingin menginap, Anda dapat menginap di Pulau Pramuka yang letaknya tidak jauh dari Pulau Semak Daun.  Apa lagi yang dapat dilakukan di Pulau Semak Daun? Ada penangkaran penyu hijau dan penyu sisik di pulau ini, yang termasuk jenis penyu langka dan jarang ditemukan di perairan lain, terutama Pantai Utara Pulau Jawa. Kegiatannya meliputi penetasan telur semi alami, perawatan anak penyu sampai melepas penyu dewasa ke alam.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply