15

Apr

2014

Pulau Pari

Gugusan pulau yang indah dan menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi Kepulauan Seribu yang terletak di utara Jakarta. Saat ini, pesona pulau-pulau di wilayah tersebut kian dikembangkan menjadi tempat-tempat pariwisata baru yang tentunya akan melepaskan kepenatan Anda, apalagi yang tinggal dan bekerja di ibukota. Kepulauan Seribu terkenal sebagai destinasi wisata pantai yang elok bagi orang-orang yang suka berpergian (traveller). Dari sekian banyak pulau yang ada, Pulau Pari bisa menghipnotis pengunjung dengan keindahan pantainya. Banyak pengunjung yang datang ke pulau ini karena mudah dijangkau dari pelabuhan-pelabuhan di Jakarta.

Salah satu objek wisata yang menjadi favorit adalah Pantai Pasir Perawan. Keunikan yang dimiliki pulau ini berupa cekungan yang mampu menampung serapan air hujan yang jatuh ke permukaan. Akibatnya, air di pulau ini menjadi air tawar, tidak seperti pulau lainnya yang bersandar terbaik, berupa air payau. Cekungan tersebut berdampak pada beragamnya vegetasi di pulau ini, seperti pohon pisang, pinus, cemara, naga, mangga, jambu air, palem, srikaya, jamblang, san petai cina. Vegetasi tersebut jelas bukan termasuk vegetasi wilayah pesisir, tetapi tumbuh dengan baik di Pulau Pari.

pulau-pari

Dengan luas sekitar 43 hektar, Pulau Pari dihuni oleh 700 orang penduduk, tidak terlalu ramai dari pulau-pulau lainnya. Disebut Pari, karena jika dilihat dari foto udara, pulau ini mirip seperti ikan pari. Wilayahnya terbagi atas dua bagian, yakni bagian kepala (timur) dan badan hingga ekor (barat). Cekungan, vegetasi air tawar dan pemukiman penduduk terletak di bagian barat pulau tersebut, sedangkan pesisir pantai yang luas, hutan mangrove yang dijaga kelestariannya dan dapat ditelusuri dengan berjalan kaki berada di bagian timur pulau.

Pengembangan pulau ini dengan konsep ekowisata disesuaikan dengan kekayaan dan keanekaragaman hayati ekosistem laut, serta banyak terumbu karang hidup, seperti soft corals, brain corals, labirith corals, dan pakis laut. Di pulau ini terdapat rumah konservasi penelitian biota laut dan riset pengembangan kelestarian perairan di Teluk Jakarta. Selain keindahan pantai pasir putih dan air yang bening, pengunjung juga dapat berkeliling kampung dengan sepeda, menyelam di perairan dangkal atau snorkeling, serta menjelajah perairan tepi dengan sampan atau kapal cepat.

Pengunjung juga dapat mengejar matahari terbit di Pantai Pasir Perawan atau melihat matahari terbit dan tenggelam di bukit matahari yang berada di dermaga utama Pulau Pari. Pemandangan yang terlihat sungguh luar biasa apalagi saat senja di tempat ini dan pastinya harus diabadikan dengan jepretan kamera. Tiga obyek yang menjadi andalan Pulau Pari adalah Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Ketiganya dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Pendapatan dari usaha pariwisata dikelola untuk pengembangan infrastruktur dan fasilitas wisata, kebersihan dan perawatan, serta pembiayaan kegiatan sosial masyarakat.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply