19

Mar

2014

Masakan Khas Wisata Kuliner Jakarta

Jakarta tidak hanya terkenal dengan kemacetan dan banjirnya, kota ini juga terkenal dengan wisata kuliner Jakarta. Banyak masakan khas yang bisa dijumpai, umumnya adalah masakan tradisional betawi. Sebagian besar masakan khas betawi tersebut sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Jakarta. Namun masakan khas ini jarang diangkat sebagai menu utama di restoran-restoran. Kebanyankan hanya dijual di warung-warung kecil saja. Berikut ini adalah beberapa masakan khas wisata kuliner Jakarta yang mungkin dapat dijadikan rujukan untuk sekedar menikmati kuliner di Jakarta.

1. Soto Betawi

Hampir semua daerah mempunyai soto yang khas, tak terkecuali Jakarta dengan soto betawi. Masakan ini terkenal dengan campuran jeroan dan daging sapi yang khas. Kuahnya yang kental dan gurih semakin membuat nikmat masakan ini. Masakan ini sangat cocok bagi penggemar aneka soto di Indonesia.

2. Kerak Telor

kerak telor

Kerak telor merupakan trademark Jakarta atau suku Betawi. Makanan ini terbuat dari campuran telor (ayam atau bebek), beras ketan, udang kering, bawang merah, kelapa sangrai, cabe, merica, dan lain-lain. Rasanya gurih dan unik sekali. Makanan ini biasa dijajakan keliling dengan oleh para pedagang.

3. ketoprak

Ketoprak sangat mudah dijumpai di warung-warung Jakarta. Masakan ini terbuat dari potongan lontong, kecambah, tahu, timun, yang dibalut dengan sambal kacang, kecap, dan bawang goreng. Rasanya gurih dan sedap sebagai menu makan siang.

4. Sayur gabus Pucung

Masakan ini adalah perpaduan antara ikan gabus dan kuah dari buah pucung. Rasanya sangat enak dan segar. Kuliner ini mampu membuat penggemarnya ketagihan, oleh karena itu patut dicoba ketika anda berwisata kuliner di Jakarta. Jakarta memang menawarkan banyak ragam, sebagai Ibukota. Masakan-masakan khas ibukota tersebut semakin melengkapi Jakarta yang semakin bertumbuh sebagai kota yang padat. Meskipun padat dan sering banjir, masakan khasnya masih tetap bertahan dan lezat. Bagi penggemar makanan, wisata kuliner Jakarta ini wajib dicoba bila sedang singgah di Ibukota Jakarta.

About The Author

Thomas Audy

Leave a Reply